Tentang Blog Ini

Serpihan Ide

Kumpulan Artikel

Perkakas Pengolah Lembar Kerja

 Perkakas Pengolah Lembar Kerja

1. Mengenal Perkakas
Ketika kalian membuka aplikasi Microsoft Excel pertama kali, akan muncul tampilan seperti ini. Microsoft Excel sudah menyediakan beberapa template yang dapat langsung digunakan. Untuk aktivitas ini, pilih menu “Blank Workbook”.

Tampilan aplikasi lembar kerja

Blank Workbook akan menampilkan halaman worksheet kosong seperti gambar di atas. Untuk menyimpan dokumen Worksheet, pilih menu File lalu Save As. Biasakan segera menyimpan hasil kerja pada tahap penting dan tidak menunggu sampai selesai agar kalian tidak kehilangan hasil kerja.
Kalian dapat memilih akan menyimpan dokumen ini di mana dengan memilih Browse. Simpan pada tempat penyimpanan di komputer kalian. Dokumen dapat digabungkan dalam satu folder yang sama atau berbeda. Ikuti perintah dari guru kalian.  

Save as

Berikut adalah penjelasan lengkap terkait halaman Worksheet.

Halaman awal worksheet

a. Bagian 1 menunjukkan Quick Access Toolbar. Bagian ini menampilkan menu/fitur yang sering digunakan.
b. Bagian 2 menunjukkan Ribbon. Di sini, kita dapat mengatur banyak hal terkait aplikasi Microsoft Excel. 
  • Ribbon berisi fungsi-fungsi yang dapat digunakan dalam Microsoft Excel. Terdiri atas banyak Tabs Menu.
  • Tabs menu yang ada secara default, yaitu: File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View, dan Help. Apabila kalian menambahkan objek tertentu, ada Tabs tambahan yang tampil dan berisi fungsi khusus untuk objek tersebut. Tabs ini disebut Contextual Tabs.
  • Pada setiap Tabs, fungsi yang ada dikelompokkan lagi ke dalam Group Menu. Contoh untuk Tabs Home, yang termasuk Group Menu adalah: Clipboard, Font, Alignment, Number, Styles, Cells, Editing, dan Idea.
  • Ribbon dapat di-minimize serta di-customize isinya.
c. Bagian 3 menunjukkan Formula Bar. Di sini, terdapat alamat cell yang aktif beserta isi dan formula yang digunakan. 
d. Bagian 4 menunjukkan worksheet yang terdiri atas kumpulan cell, yang terbentuk dari baris/row dan kolom/column. Di bagian ini, kalian dapat melakukan pengolahan data melalui formula. 
e. Bagian 5 menunjukkan kumpulan worksheet. Dalam 1 file atau workbook, bisa terdapat banyak worksheet sekaligus.

2. Worksheet
Setiap workbook dapat terdiri atas banyak worksheets. Setiap worksheet terdiri atas kumpulan cells, yang terbentuk dari baris/row dan kolom/column.

a. Cell dan Range
Detail Cell dan Range

Cell terbentuk dari titik pertemuan antara kolom/column dan baris/row. Huruf menggambarkan urutan kolom dan angka menggambarkan urutan baris. Contoh: cell D3, artinya cell berada di kolom D dan baris 3, yang menunjukkan alamat dari cell tersebut.

Kumpulan dari beberapa cell disebut range. Contoh range: B4:B5, artinya cell terpilih adalah baris 4 dan 5 dari kolom B. Range dapat terdiri atas sekumpulan cell dari kolom yang sama (contoh: F2:F5), sekumpulan cell dari baris yang sama (contoh: C1:G1) maupun sekumpulan cell dari kolom dan baris tertentu (contoh: A3:C5). Cell dan range ini nantinya digunakan saat mendeinisikan parameter untuk formula (rumus) di aplikasi Microsoft Excel. 

Untuk melihat alamat dari sebuah cell maupun menuju cell tertentu dapat memanfaatkan bagian yang ditandai dengan elips ungu pada gambar Detail Cell dan Range di atas.

b.Olah Worksheets
Berikut adalah langkah cara dalam mengolah worksheet.


c. Freeze Panes
Fitur ini dapat membantu untuk membuat baris atau kolom tertentu berada di posisi terkunci. Efeknya ialah baris atau kolom tersebut dapat selalu terlihat (freeze) walaupun halaman worksheets kalian scroll lebih jauh ke bawah atau ke samping.
Menu ini dapat diakses melalui tab View, lalu Freeze Panes. Ada 3 pilihan, yaitu: 
  1. Freeze Panes: mengunci baris dan kolom tertentu.
  2. Freeze Top Row: mengunci baris paling atas saja (baris 1).
  3. Freeze First Column: mengunci kolom pertama saja (kolom A)
Menu Freeze Panes

Untuk melepas kunci terhadap baris tadi, kita dapat memilih Fitur Unfreeze Panes. Fitur ini akan muncul setelah kita berhasil melakukan kunci, terdapat baris/kolom/cell tertentu.


d. Cell References
Dalam file worksheet, kalian dapat mengambil data yang berasal dari cell lain. Dalam pemanggilan cell tersebut, terdapat tiga cara, yaitu relative, absolute, dan mixed references.

Perhatian: Pemanggilan data maupun formula pada Worksheet selalu menggunakan tanda sama dengan ("=") di bagian depan. Contoh: =A4 atau =A1+A2.


e. Format Cells
Di file Worksheet, kalian dapat mengatur format tampilan untuk tiap cell-nya tanpa mengubah nilai dari isi cell yang ada. Secara umum, itur Format Cells ini dapat diakses dengan melakukan klik kanan pada cell yang ingin diatur lalu pilih menu Format Cells



Lalu, akan muncul dialog box yang berisi pilihan untuk mengatur sesuai format yang disediakan. Format yang dapat diatur terkait dengan Number, Alignment, Font, Border, Fill, dan Protection.

1. Number

Di tab Number, ada banyak kategori lainnya yang bisa diatur. Berikut akan dijelaskan beberapa kategori yang umum digunakan. Pengaturan angka dapat dilakukan langsung dari itur Number yang ada di tab Home.


2. Alligment
Dengan fitur ini, kalian dapat mengatur posisi dari isi Cells. Fitur ini juga dapat diakses dengan lebih mudah melalui tab Home itur Alignment.
Posisi yang dapat diatur adalah posisi text secara horizontal dan vertikal serta arah dari text.

Selain itu, dapat juga dipilih menu untuk (1) wrap text, yaitu agar isi text panjang dapat ditampilkan dalam beberapa baris dalam 1 cell yang sama; (2) shrink to it, yaitu agar isi text dapat ditampilkan cukup dalam 1 baris dan lebar cell tetap sama (ukuran font menjadi kecil); (3) merge cells, yaitu untuk menggabungkan dua atau lebih cells menjadi 1 cell.

3. Font.

Melalui fitur ini, kalian dapat mengatur tampilan dari text yang ada. Yang dapat diatur dan diubah adalah pilihan font, style, ukuran, warna, dan efeknya. Fitur ini juga dapat diakses langsung melalui tab Home itur Font.

4. Border.
Fitur ini dapat diakses langsung melalui tab Home itur Font. Kalian dapat mengatur tampilan dari cell, yaitu apakah ada border, bentuk style garisnya, warna, dan posisi garisnya.
5. Fill.
Melalui itur ini, kalian dapat mengatur warna cell. Fitur ini juga dapat diakses langsung melalui tab Home fitur Font.

6. Protection
Melalui fitur ini, kalian dapat mengunci atau menyembunyikan cell. Fitur ini baru akan aktif apabila kalian juga mengatur untuk mengamankan Worksheet.

                                                                                                                         @WB 150123 1007
Daftar pustaka :
Maresha Caroline Wijanto,Irya Wisnubhadra, 2021, Buku Pegangan Siswa, Informatika Kelas VII SMP, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Irya Wisnubhadra, dkk, 2021, Buku Panduang Guru Informatika untuk SMP Kelas VII, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi