Jaringan Komputer dan Internet
Pengantar
Internet merupakan penemuan revolusioner yang mengubah dunia. Internet
menghubungkan berbagai tempat di belahan dunia sehingga orang dapat
berkomunikasi dengan mudah. Sekitar 30 tahun yang lalu, orang berkirim
surat, belajar, berdagang, periksa kesehatan, dan masih banyak hal lain harus
dilakukan secara fisik. Saat ini, hal-hal tersebut dapat dilakukan dengan
efektif dan efisien karena adanya internet.
1. Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam
jaringan. Jaringan komputer memungkinkan komputer saling berbagi
sumber daya dan bekerja sama melalui suatu protokol komunikasi. Komputer
pada jaringan komputer terhubung dengan menggunakan media kabel, fiber optik, atau media tanpa kabel (wireless). Jaringan komputer memiliki
berbagai tipe sesuai dengan cakupan luas areanya seperti: Local Area Network
(LAN), Corporate Area Network (CAN), Metropolitan Area Network (MAN),
Wide Area Network (WAN), dan internet.
- LAN ialah jaringan komputer lokal pada ruangan terbatas, seperti rumah, ruang tertentu, dan lainnya.
- CAN ialah jaringan komputer yang terbatas pada perusahaan tertentu, yang bisa terdiri atas beberapa LAN.
- MAN ialah jaringan komputer pada area kota metropolitan.
- WAN ialah jaringan komputer yang lebih luas dari metropolitan dengan jaringan yang lebih handal.
Internet dikenal pada tahun 1849 dengan istilah internetted yang berarti
interconnected.
Namun, saat ini, istilah internet mengacu pada sistem jaringan
komputer global yang digunakan untuk berkomunikasi antarperangkat
komputer maupun antarjaringan komputer menggunakan protokol TCP/ IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Jaringan yang terhubung
dapat berupa jaringan pribadi, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah dari
lingkup lokal hingga global. Internet saat ini telah dapat menghubungkan
komputer, perangkat telepon, CCTV, printer, dan bahkan perangkat lain yang
dikenal dengan IoT (Internet of Things). Pada bulan November 2006, internet
dimasukkan dalam tujuh keajaiban dunia. Internet membawa berbagai macam
sumber daya dan layanan informasi di dalamnya, seperti dokumen hypertext
yang saling terkait dan aplikasi World Wide Web (WWW), surat elektronik,
telepon, dan berbagi file.
TCP/IP merupakan protokol pertukaran paket data yang digunakan
di internet. Istilah “protokol” ini mengacu pada sekumpulan aturan yang
mengatur bagaimana sebuah peranti berkomunikasi dalam suatu jaringan
internet.
2. Internet
Asal mula internet berasal dari penelitian dan pengembangan teknik
pemaketan dan pengiriman data (packet switching) yang dilakukan oleh
Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada 1960-an. Penelitian ini
diharapkan dapat membuat komputer berinteraksi dengan komputer lain
untuk berbagi sumber daya komputer (seperti prosesor, memori, eksternal
disk) secara bersamaan. Pendanaan yang kuat dari pemerintah dan swasta
dari seluruh dunia membuat internet terus berkembang. Pada tahun 1990-an,internet berkembang menjadi internet modern yang mampu menghubungkan
secara luas jaringan bisnis, perusahaan, institusi, komputer pribadi, dan
telepon seluler. Saat ini, makin banyak jaringan komputer yang bergabung
di internet yang menyebabkan internet makin besar dan makin banyak
penggunanya.
Saat ini, media komunikasi tradisional seperti telepon, radio, televisi, surat,
dan surat kabar memiliki bentuk lain di internet. Internet telah melahirkan
layanan baru seperti surel, telepon internet, televisi internet, musik online,
surat kabar digital, dan situs web streaming video. Koran, buku, dan penerbitan
cetak juga beradaptasi dengan teknologi web, yang menjadi blog, web feeds,
dan agregator berita online.
Internet telah memunculkan bentuk baru interaksi pribadi melalui
berbagai cara, seperti: pesan instan, forum internet, dan layanan jejaring
sosial. Belanja online tumbuh subur di internet, yang digunakan oleh usaha
kecil dan menengah, pengecer besar, dan pengusaha besar untuk memperluas
pasar penjualan barang dan jasa mereka.
3. Jaringan Internet
Jaringan internet digambarkan secara ringkas pada gambar berikut ini yang
menghubungkan perangkat komputer secara luas dan bahkan mendunia.
Internet biasanya digambarkan dengan gambar awan (cloud).
Kalian perlu menyadari bahwa kalian akan memasuki dunia internet saat
ponsel atau laptop kalian terhubung melalui jaringan milik Internet Service
Provider (ISP) atau penyedia jasa layanan internet. Di Indonesia, contoh ISP
adalah PT Telkom Indonesia (Indihome), Biznet, FirstMedia, dan lainnya,
sedangkan untuk mobile internet operator adalah Telkomsel, XL Axiata, Tri,
Smartfren, dan IM3 Ooredoo. Jika kalian ingin terhubung dengan internet
dan menggunakan semua sumber daya yang ada di internet, kalian harus
berlangganan koneksi internet atau dengan membeli pulsa data.
Ukuran
kecepatan internet selanjutnya disebut lebar pita (bandwidth).
A) World Wide Web (WWW )
World Wide Web yang sering disebut sebagai “web” atau situs web adalah sistem
informasi/aplikasi yang dapat diakses menggunakan internet. Web diakses
oleh pengguna menggunakan perangkat lunak yang disebut peramban web
dengan menuliskan alamat web yang disebut Uniform Resource Locators (URL,
seperti: https://www.informatika.org/ ). Web atau situs web memiliki halamanhalaman web (web page) yang berisi data dan informasi yang tersimpan di web
server dalam bentuk hyper text markup language (html) file.
Halaman web berisi data dan informasi yang dapat memiliki hyperlinks/
links yang merujuk ke halaman web lainnya sehingga halaman web bisa
menjadi saling terhubung. Contoh hyperlink adalah sebagai berikut: https://www.example.org/index.html.
Ketika mengakses situs web, sebuah peramban web akan membaca
halaman-halaman web melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext
Transfer Protocol) atau aturan pentransferan hypertext. Peramban web akan
membaca html, menerjemahkannya, dan menampilkannya di peramban
web. Melalui hyperlinks yang ada dalam sebuah halaman web, kita dapat
meminta menelusuri halaman-halaman web untuk mencari informasi dan
menampilkannya. Dengan hyperlinks inilah, seakan-akan pengguna 'meloncat'
dari suatu halaman situs web ke halaman situs web yang lain. Proses meloncat
dari satu tempat ke tempat lain melalui web ini sering disebut 'suring on the
web' atau berselancar di web.
Interaksi dan Transaksi Elektronik di Internet
Internet telah melahirkan interaksi dan transaksi secara elektronik.
Interaksi dan transaksi itu di antaranya seperti berikut.
1.Surel. Electronic Mail (Email) atau dalam bahasa Indonesia disebut surat
elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet
untuk saling berkirim surat/pesan melalui internet.
Para pengguna surel
memiliki sebuah kotak surat (mailbox) elektronik yang tersimpan dalam
suatu mail server. Kotak surat itu sendiri memiliki sebuah alamat sebagai
pengenal agar dapat berhubungan dengan kotak surat lainnya, baik
dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pemilik mailbox
sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau
menyunting dan mengirimkan pesan surel.
2.e-Banking. Electronic Banking atau e-banking dapat diartikan sebagai
aktivitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah
sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan
melalui internet. Bank menyediakan situs web untuk bertransaksi dimulai
dari pengecekan rekening, transfer dana antarrekening, hingga pembayaran
tagihan bulanan (seperti: listrik, telepon, dsb.). Pada e-banking, biasanya diterapkan sistem keamanan yang ketat pada situs webnya agar tidak
terjadi kejahatan perbankan.
3.e-Learning. Istilah Electronic Learning (e-Learning) merupakan sebagai
sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan
dalam bentuk sekolah secara virtual (maya). Dalam teknologi e-Learning,
semua proses belajar-mengajar yang biasa ditemui dalam sebuah ruang
kelas atau tatap muka secara langsung, dilakukan secara live atau online
namun virtual. Artinya, dalam saat yang sama, seorang guru mengajar di
depan sebuah komputer yang ada di suatu tempat, sedangkan para siswa
mengikuti pelajaran tersebut dari komputer lain di tempat yang berbeda.
Dalam hal ini, guru dan siswa tidak saling berkomunikasi secara langsung,
tetapi secara tidak langsung mereka saling berinteraksi satu sama lain pada
waktu yang sama.
4.e-Commerce. e-Commerce adalah aktivitas penjualan, pembelian,
pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan
telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer.
e-Commerce
dapat menjadi aktivitas transaksi jual-beli barang dan jasa baik dalam
bentuk barang isik maupun nonisik. Jika barang fisik, proses jual beli
membutuhkan transportasi barang, sedangkan jika barangnya berupa
barang nonisik seperti lagu, software, desain gambar, dan lainnya, barang
dapat dikirimkan melalui internet. Pada e-Commerce pembayaran juga
dapat dilakukan dengan uang elektronik.
5.e-Government. e-government atau e-govt ada lah suatu upaya untuk
mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik.
Penataan sistem manajemen dan proses kerja
di lingkungan pemerintah (eksekutif) yang
dioptimalkan dengan pemanfaatan Teknologi
Informasi dan Komunikasi. e-Government
dapat juga diimplementasikan pada legislatif,
yudikatif, atau administrasi publik, untuk
meningkatkan pelayanan publik sehingga
proses pemerintahan yang lebih terbuka dan
transparan.
Peramban web (biasanya
disebut peramban) adalah
aplikasi perangkat lunak
untuk mengakses informasi
di World Wide Web. Saat
pengguna meminta
halaman web dari situs
web tertentu, peramban
mengambil konten yang
diperlukan dari server web,
menerjemahkannya, dan
kemudian menampilkan
halaman tersebut pada
perangkat pengguna.
Daftar Pustaka
Maresha Caroline Wijanto,Irya Wisnubhadra, 2021, Buku Pegangan Siswa, Informatika Kelas VII SMP, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Irya Wisnubhadra, dkk, 2021, Buku Panduang Guru Informatika untuk SMP Kelas VII, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
@WB 1030422 1218