Tentang Blog Ini

Serpihan Ide

Kumpulan Artikel

Pembelajaran Berdiferensiasi


Pembelajaran Berdiferensiasi

Oleh : Wahyu Barmanto

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar murid. Melalui pembelajaran berdiferensiasi diharapkan mampu memotivasi murid untuk belajar dan mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Secara teori pembelajaran berdiferensiasi bisa diterapkan di semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA bahkan di Perguruan Tinggi. Fokus utama dari pembelajaran berdiferensiasi adalah menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan melibatkan semua murid berparan aktif sesuai dengan bak dan minat yang dimiliki.

Langkah awal penerapan pembelajaran adalah melaui memetakan atau menginventarisir kebutuhan belajar murid. Langkah ini diambil agar guru mudah dalam menentukan konsep pembelajaran yang ideal di kelas tersebut. Hasil pemetaan kebutuhan belajar murid ini menjadi acuan dalam membuat profil belajar di kelas.Selanjutnya guru membentuk kelompok sesuai dengan bidang minat yang dimiliki oleh murid. Di dalam kelompok kecil tersebutlah murid-murid akan belajar sesuai dengan bidang minatnya masing-masing.Dengan cara seperti ini diharapkan tujuan belajar bisa tercapai khususnya dalam memenuhi kebutuhan belajar murid.

Pembelajaran berdiferensiasi akan memungkinkan guru memaksimalkan potensi peserta didik dengan meminimalisir kesenjangan belajar (learning gap) melalui proses identifikasi kebutuhan belajar murid yang tepat.Hal ini sejalan dengan standar kompetensi lulusan mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah menyelesaikan masa belajarnya di jenjang pendidikan tertentu.

Materi dalam modul ini sejalan dengan Program Pendidikan Guru Penggerak yang salah satu point pentingnya adalah membuat perubahan di dunia pendidikan melalui pembelajaran berdiferensiasi. Melalui guru penggerak yang mengaplikasikan pembelajaran berdiferensiasi diharapkan akan menciptakan kelas-kelas atau komunitas-komunitas belajar yang menyenangkan. Kelas atau komunitas belajar yang mampu mendorong setiap murid untuk belajar dan mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan minatnya. Salam guru penggerak!